Thursday, March 13, 2014

Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) - Ronda

Siapa yang tidak mengenal kegiatan siskamling atau ronda ? Tiap malam pasti ada, kebetulan saya dapat jatah siskamling malam senin. Di lingkungan kami siskamling di lakukan setiap hari dari kira - kira pukul 22.00 WIB sampai dengan tengah malam. Yang di sebut Siskamling ( Sistem Keamanan Lingkungan ) adalah upaya dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka memberikan perlindungan dan pengamanan bagi lingkungan sekitar dengan jalan mengutamakan upaya pencegahan dari bentuk ancaman serta gangguan Kamtibmas.
Dalam pelaksanaan program kamtibmas ada banyak manfaat yang di dapat, yaitu terciptannya keamanan dan ketertiban di masyarakat, terciptannya suatu masyarakat yang dinamis dan manfaat umumnya adalah secara langsung dapat menjaga kukuhnya ketahanan nasional serta terciptanya keamanan di lingkungan masyarakat.
 
 

 
Siskamling di daerah - daerah biasa berupa ronda malam, sedangkan sekali ronda malam terdapat 5 s/d 6 orang yang akan keliling di sekitar lingkungan tersebut dengan membawa kentongan sekalian untuk mengumpulkan dana sukarela dari tiap rumah yang berwujud uang sukarela yang di taruh di tempat yang telah di sediakan di setiap rumah. Selain bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan kegiatan ronda ini juga bisa bertujuan untuk merekatkan silaturahim antar warga dan juga bisa di manfaatkan juga sebagai ajang tukar pendapat apabila ada persoalan di lingkungan tersebut apabila tidak di mungkinkan di lakukan rapat desa, selain itu di acara ronda ini juga dapat pula untuk sarana tukar menukar informasi yang sedang beredar atau sedang hangat diperbincangkan di sekitar lingkungan tersebut.


No comments:

Post a Comment