Tuesday, March 18, 2014

Wayang - aset budaya 4

pengertian wayang adalah suatu bentuk pertunjukan tradisional yang disajikan oleh seorang dalang dengan menggunakan boneka atau sejenisnya sebagai alat pertunjukan (Sedyawati: Darmono, 1983). Sedangkan boneka wayang merupakan alat untuk menggambarkan kehidupan umat manusia, sedangkan dari segi bentuk berbeda dari tubuh manusia secara nyata. Sastroamidjojo (1964) mengatakan bahwa boneka wayang diukir menurut sistem tertentu. Perbandingan antar bagian badan tidak seimbang satu sama lain. Segala sesuatu  berkaitan dengan hal tersebut dibuat menurut cara-cara dan aturan yang telah ditentukan.

Wayang adalah  seni pertunjukan berupa drama yang khas. Seni pertunjukan ini meliputi seni suara, seni sastra, seni musik, seni tutur, seni rupa, dan lain-lain. Ada pihak beranggapan, bahwa pertunjukan wayang bukan sekedar kesenian, tetapi mengandung lambang-lambang keramat.

Di Indonesia banyak terdapat jenis wayang, antara lain wayang kulit yaitu wayang yang terbuat dari bahan kulit, wayang orang yaitu wayang yang di perankan oleh manusia, wayang golek yaitu wayang yang di buat dari kayu dan di buat sesuai dengan karakter tertentu (seperti:cepot atau semacamnya) 

Wayang Kulit



Wayang Golek

Wayang Orang

Wayang adalah salah satu media hiburan dari masa lampau yang sampai sekarang masih dipakai walaupun sudah tidak sebanyak dahulu, selain itu wayang adalah salah satu warisan budaya Nusantara yang patut di banggakan dan di jaga kelestariannya. 


 

No comments:

Post a Comment